loader image
Visi Misi dan Tujuan SD No 4 Sading

Visi

Unggul dalam Prestasi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yang Berpangkal pada Budaya, Seni, Olahraga dan IPTEK

  1. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui merdeka belajar.
  2. Menggembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat.
  3. Meningkatkan SDM melalui pembinaan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga pendidikan
  4. Mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila seperti : beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kreatif, bernalar kritis, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong
  5. Menerapkan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun)
  6. Membangun budaya gotong royong di sekolah
  7. Membangun budaya literasi di sekolah
  8. Melaksanakan disiplin positif di sekolah
  9. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan penggunaan IPTEK
  10. Menata lingkungan sekolah yang mengacu pada program 9K (Keimanan, Kebersihan, Ketertiban, Kesehatan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesejahteraan, Keterbukaan, Keteladanan).

Misi

  1. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui merdeka belajar.
  2. Menggembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat.
  3. Meningkatkan SDM melalui pembinaan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga pendidikan
  4. Mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila seperti : beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kreatif, bernalar kritis, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong
  5. Menerapkan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun)
  6. Membangun budaya gotong royong di sekolah
  7. Membangun budaya literasi di sekolah
  8. Melaksanakan disiplin positif di sekolah
  9. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan penggunaan IPTEK
  10. Menata lingkungan sekolah yang mengacu pada program 9K (Keimanan, Kebersihan, Ketertiban, Kesehatan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesejahteraan, Keterbukaan, Keteladanan).

Tujuan

C.1   Tujuan jangka panjang dalam hal ini adalah 8 tahun, yakni dapat:

 

  1. Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari Purnama, Tilem atau hari keagamaan lainnya.
  2. Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
  3. Melaksanakan literasi pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
  4. Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan.
  5. Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD 4 Sading setiap tahun.
  6. Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan.
  7. Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah
  8. Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum).
  9. Menyusun dan melaksanakan program Pemantauan, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan dan melaksanakan sesuai jadwal.
  10. Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah dan Panjang).
  11. Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).
  12. Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus,kecamatan,kabupaten maupun provinsi.
  13. Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
  14. Melaksanakan Peningkatan Mutu Pendidikan baik akademik dan non akademik.
  15. Memfasilitasi peserta didik untuk membiasakan memajang / mempublikasikan hasil karyanya melalui majalah dinding.
  16. Menumbuhkan Budaya Disiplin warga sekolah dan peduli lingkungan.
  17. Menambah alat peraga dan media pembelajaran secara bertahap
  18. Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
  19. Memiliki ruang belajar sesuai dengan jumlah rombongan belajar
  20. Memiliki laboratoriunm Komputer yang memberikan bekal kepada siswa dalam menguasai TIK dan membekali siswa untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.

 

C.2  Tujuan jangka menengah dalam hal ini adalah 4 tahun, yakni dapat:

 

  1. Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari Purnama atau hari keagamaan lainnya.
  2. Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
  3. Melaksanakan literasi pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
  4. Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan
  5. Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD 4 Sading setiap tahun
  6. Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan
  7. Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah
  8. Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum).
  9. Menyusun dan melaksanakan program Pemantauan, supervisi pada guru dan tenaga  kependidikan dan melaksanakan sesuai jadwal
  10. Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah dan Panjang).
  11. Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah(RKAS)
  12. Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus,kecamatan,kabupaten maupun provinsi.
  13. Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
  14. Melaksanakan Peningkatan Mutu Pendidikan baik akademik dan non akademik.
  15. Menumbuhkan Budaya Disiplin warga sekolah dan peduli lingkungan.
  16. Menambah alat peraga dan media pembelajaran secara bertahap
  17. Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
  18. Menyiapkan ruang UKS yang representatif
  19. Menyiapkan perpustakaan bagi siswa dengan koleksi buku yang memadai
  20. Memiliki laboratorium mini yang menunjang proses pembelajaran bagi siswa.

 

C.3 Program Prioritas (Tujuan jangka pendek ) Tahun 2024/ 2025 dari SD No. 4 Sading  adalah dapat:

 

  1. Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari di Padmasana dan hari suci Agama Hindu atau hari keagamaan lainnya.
  2. Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
  3. Melaksanakan literasi pembiasakan membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
  4. Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan.
  5. Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD No.4 Sading setiap tahun.
  6. Meningkatkan KBM mata pelajaran tiap tingkat, setiap tahun.
  7. Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan.
  8. Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah.
  9. Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum) secara berkala.
  10. Menyusun program Pemantauan, supervisi dan melaksanakan sesuai jadwal.
  11. Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah, dan Jangka Panjang).
  12. Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) SD No.4 Sading tahun anggaran 2024/2025.
  13. Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
  14. Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
  15. Meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam penguasaan IT untuk menjawab kemajuan IPTEK.
  16. Menambah alat peraga dan media pembelajaran dan sarpras lainnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan sekolah.
  17. Melaksanakan teknik penilaian yang bervariasi untuk mencapai hasil belajar siswa yang maksimal.
  18. Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
  19. Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah secara berkala untuk kemajuan sekolah.
  20. Menyelenggarakan pendidikan dengan pendekatan saintifik, tematik terpadu.

 

C.4 Strategi Mencapai Tujuan :

 

Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan SD No.4 Sading menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :

  1. Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang kurikulum
  2. Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.
  3. Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah, siswa .
  4. Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun.
  5. Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.
  6. Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).
  7. Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
  8. Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
  9. Menyusun rencana tindak lanjut kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.