Visi Misi dan Tujuan SD No 4 Sading
Visi
Unggul dalam Prestasi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yang Berpangkal pada Budaya, Seni, Olahraga dan IPTEK
- Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui merdeka belajar.
- Menggembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat.
- Meningkatkan SDM melalui pembinaan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga pendidikan
- Mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila seperti : beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kreatif, bernalar kritis, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong
- Menerapkan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun)
- Membangun budaya gotong royong di sekolah
- Membangun budaya literasi di sekolah
- Melaksanakan disiplin positif di sekolah
- Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan penggunaan IPTEK
- Menata lingkungan sekolah yang mengacu pada program 9K (Keimanan, Kebersihan, Ketertiban, Kesehatan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesejahteraan, Keterbukaan, Keteladanan).
Misi
- Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui merdeka belajar.
- Menggembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat.
- Meningkatkan SDM melalui pembinaan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga pendidikan
- Mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila seperti : beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kreatif, bernalar kritis, mandiri, berkebhinekaan global, gotong royong
- Menerapkan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun)
- Membangun budaya gotong royong di sekolah
- Membangun budaya literasi di sekolah
- Melaksanakan disiplin positif di sekolah
- Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan penggunaan IPTEK
- Menata lingkungan sekolah yang mengacu pada program 9K (Keimanan, Kebersihan, Ketertiban, Kesehatan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesejahteraan, Keterbukaan, Keteladanan).
Tujuan
C.1 Tujuan jangka panjang dalam hal ini adalah 8 tahun, yakni dapat:
- Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari Purnama, Tilem atau hari keagamaan lainnya.
- Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
- Melaksanakan literasi pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
- Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan.
- Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD 4 Sading setiap tahun.
- Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan.
- Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah
- Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum).
- Menyusun dan melaksanakan program Pemantauan, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan dan melaksanakan sesuai jadwal.
- Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah dan Panjang).
- Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).
- Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus,kecamatan,kabupaten maupun provinsi.
- Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
- Melaksanakan Peningkatan Mutu Pendidikan baik akademik dan non akademik.
- Memfasilitasi peserta didik untuk membiasakan memajang / mempublikasikan hasil karyanya melalui majalah dinding.
- Menumbuhkan Budaya Disiplin warga sekolah dan peduli lingkungan.
- Menambah alat peraga dan media pembelajaran secara bertahap
- Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
- Memiliki ruang belajar sesuai dengan jumlah rombongan belajar
- Memiliki laboratoriunm Komputer yang memberikan bekal kepada siswa dalam menguasai TIK dan membekali siswa untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.
C.2 Tujuan jangka menengah dalam hal ini adalah 4 tahun, yakni dapat:
- Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari Purnama atau hari keagamaan lainnya.
- Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
- Melaksanakan literasi pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
- Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan
- Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD 4 Sading setiap tahun
- Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan
- Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah
- Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum).
- Menyusun dan melaksanakan program Pemantauan, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan dan melaksanakan sesuai jadwal
- Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah dan Panjang).
- Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah(RKAS)
- Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus,kecamatan,kabupaten maupun provinsi.
- Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
- Melaksanakan Peningkatan Mutu Pendidikan baik akademik dan non akademik.
- Menumbuhkan Budaya Disiplin warga sekolah dan peduli lingkungan.
- Menambah alat peraga dan media pembelajaran secara bertahap
- Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
- Menyiapkan ruang UKS yang representatif
- Menyiapkan perpustakaan bagi siswa dengan koleksi buku yang memadai
- Memiliki laboratorium mini yang menunjang proses pembelajaran bagi siswa.
C.3 Program Prioritas (Tujuan jangka pendek ) Tahun 2024/ 2025 dari SD No. 4 Sading adalah dapat:
- Melaksanakan persembahyangan bersama setiap hari di Padmasana dan hari suci Agama Hindu atau hari keagamaan lainnya.
- Membudayakan “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun” antar setiap warga sekolah.
- Melaksanakan literasi pembiasakan membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
- Membudayakan kebersihan dan peduli lingkungan.
- Melaksanakan Pengembangan/Review Kurikulum SD No.4 Sading setiap tahun.
- Meningkatkan KBM mata pelajaran tiap tingkat, setiap tahun.
- Menyusun Perangkat Pembelajaran secara berkesinambungan.
- Mengadakan Pembagian Tugas bagi Guru dan tenaga pendidik untuk menunjang tugas-tugas sekolah.
- Memantapkan Tugas TPS (Tim Pengembang Sekolah) dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum) secara berkala.
- Menyusun program Pemantauan, supervisi dan melaksanakan sesuai jadwal.
- Menyusun Program Sekolah (Tahunan, Jangka Menengah, dan Jangka Panjang).
- Menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) SD No.4 Sading tahun anggaran 2024/2025.
- Mengikutkan siswa dan guru dalam berbagai ajang lomba baik tingkat gugus, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
- Mengadakan atau mengikutkan guru dan tenaga kependidikan dalam kegiatan peningkatan kompetensi, seperti KKG, pelatihan, Workshop, Bimtek dan lain-lain.
- Meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam penguasaan IT untuk menjawab kemajuan IPTEK.
- Menambah alat peraga dan media pembelajaran dan sarpras lainnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan sekolah.
- Melaksanakan teknik penilaian yang bervariasi untuk mencapai hasil belajar siswa yang maksimal.
- Mengadakan kerjasama dengan Komite sekolah serta stakeholder pendidikan dalam memajukan sekolah.
- Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah secara berkala untuk kemajuan sekolah.
- Menyelenggarakan pendidikan dengan pendekatan saintifik, tematik terpadu.
C.4 Strategi Mencapai Tujuan :
Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan SD No.4 Sading menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :
- Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang kurikulum
- Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.
- Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah, siswa .
- Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun.
- Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.
- Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).
- Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
- Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
- Menyusun rencana tindak lanjut kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.